Maksud dan Tujuan

ACCESS Tahap II bermaksud agar:

Warga dan organisasinya berdaya untuk melakukan interaksi aktif dengan pemerintahan lokal dalam upaya meningkatkan dampak-dampak pembangunan di 20 kabupaten di kawasan timur Indonesia.

Empat tujuan yang diharapkan dapat tercapai selama jangka waktu program adalah:

  • Pada tahun 2013 OMS mitra menggunakan pendekatan yang partisipasif, inklusif untuk memperkuat kapasitas dan meningkatkan kepercayaan diri warga dalam hal tata kepemerintahan lokal yang demokratis.
  • Pada tahun 2013 OMS mitra secara teratur melakukan kolaborasi dalam rangka membangun tata kepemerintahan lokal yang demokratis di lingkup kabupaten, kecamatan dan desa.
  • Pada tahun 2013 OMS mitra secara teratur berinteraksi secara aktif dengan pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten dalam rangka membangun partisipasi, transparansi, akuntabilitas, keadilan sosial dan pelayanan publik yang berpihak pada orang miskin dan perempuan.
  • Pada tahun 2013 program-program pemerintah dan donor, memepertimbangkan pembelajaran dan praktek-praktek yang baik dari ACCESS Tahap II

    Ada lima area fungsional yang menjadi dasar kegiatan dan keluaran program ACCESS Tahap II yaitu:

Area Fungsional 1 : Menyediakan sumberdaya dan mengelola program.

Area Fungsional 2 : Membangun interaksi dinamis dengan masyarakat sipil dan pemerintahan lokal untuk menerapkan program

Area Fungsional 3 : Membangun kapasitas (OMS dan jejaringnya dalam rangka membangun tata kepemerintahan lokal yang demokratis.

Area Fungsional 4 : Mendukung perencanaan dan pelaksanaan upaya-upaya pembangunan yang dipimpin dan diarahkan oleh warga sendiri.

Area Fungsional 5 : Mengembangkan pembelajaran secara terus menerus, perubahan kebijakan dan praktek-praktek pembangunan baik secara internal maupun eksternal.

 
Hubungi ACCESS