ACCESS Tahap I

ACCESS Tahap I membantu pengentasan kemiskinan dengan memberikan dukungan langsung pada pemberdayaan masyarakat dan penguatan masyarakat sipil di Indonesia. Tahap I bekerja pada bidang:

  • Penguatan lembaga non pemerintah dan organisasi-organisasi masyarakat sipil (OMS)  melalui upaya-upaya peningkatan kapasitas supaya mereka lebih efektif dalam mendukung masyarakat yang dilayaninya;
  • Memberdayakan masyarakat untuk melakukan proses penjajakan dan perencanaan yang dipimpin masyarakat dan yang berpihak pada prerempuan dan orang miskin (Gender and povery inclusive).
  • Mendorong proses berjejaring antar OMS untuk memastikan terjadinya interaksi dinamis (pertautan) yang lebih efektif antara OMS dengan para stakeholder yang lain.

ACCESS Tahap II

ACCESS tahap II dikembangkan berdasarkan keberhasilan ACCESS Tahap I, dengan memberikan fokus yang lebih besar pada penguatan kapasitas OMS lokal dan membangun tuntutan terhadap tata kepemerintahan yang lebih baik. ACCESS Tahap II bersama-sama dengan mitra-mitra strategisnya serta OMS lokal akan bekerja di berbagai lingkup (antara lain di lingkup masyarakat, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan lingkup nasional), untuk meningkatkan tata kepemerintahan lokal yang demokratis dengan cara memberikan dukungan agar masyarakat, organisasi-organisasi masyarakat dan warga negara dapat berperan lebih besar, dan mampu secara konstruktif berinteraksi dinamis dengan pemerintah. 

ACCESS Tahap II mengadopsi tiga arah strategis yaitu:

  • Memperkuat interaksi dinamis para pihak antara masyarakat sipil dan pemerintahan
  • Berfokus pada penguatan partisipasi warga dalam proses demokratisasi, mulai dari akar rumput, sampai pada tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan lingkup nasional.
  • Memperluas dampak dengan bekerja lintas isu-isu yang terkait dengan sistem tata kepemerintahan di kabupaten dan perluasan area geografis dengan bekerja di kabupaten-kabuapten yang letaknya berdekatan, serta upaya replikasi melalui upaya membangun sinergi dengan program nasional pemerintah Indonesia, dengan Strategi program kemitraan Australia Indonesia (the Australia Indonesia Partnership Country Strategy) dan program-program donor lain. 

 

 
Hubungi ACCESS